Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Zoom Cloud Meetings dan efektivitas komunikasi dalam perkuliahan daring terhadap keaktifan belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 30 mahasiswa Stambuk 2022, dan dianalisis menggunakan model regresi berganda dengan perangkat lunak SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Zoom Cloud Meetings secara signifikan memengaruhi keaktifan belajar mahasiswa. Sementara itu, efektivitas komunikasi tidak menunjukkan pengaruh signifikan secara parsial, tetapi memiliki pengaruh signifikan secara simultan bersama dengan penggunaan Zoom. Variabel independen dalam penelitian ini mampu menjelaskan 63,1% variasi keaktifan belajar mahasiswa, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Temuan ini menegaskan pentingnya pengelolaan media pembelajaran interaktif dan komunikasi yang efektif untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran daring.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025