Indonesian Journal of Education and Development Research
Vol 3, No 1 (2025): Januari 2025

Pengaruh Academic Burnout Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Unimed

Nasution, Tasya (Unknown)
Surianto, Mutia Alya (Unknown)
Agustina, Annisya (Unknown)
Dewi, Sandra (Unknown)
Putri, Natasya Kaila (Unknown)
Wirda, Mona Adria (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Pendidikan tinggi merupakan fase krusial dalam perkembangan akademik dan personal mahasiswa. Kombinasi dari berbagai tuntutan sering kali menciptakan tekanan yang signifikan, terutama ketika mahasiswa merasa harus mencapai standar tertentu dalam waktu yang terbatas. Tekanan yang berlebihan ini, jika tidak dikelola secara efektif, dapat memicu academic burnout. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Ada dua teknik pengumpulan data dalam penelitian ini: SBI dan PWI-SC. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelelahan akademik tidak mempengaruhi tingkat stres siswa. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa 14,1 persen dari tingkat stres siswa dipengaruhi oleh stres akademik, dengan nilai R kuadrat 0,141, dan 85,9 persen lainnya dipengaruhi oleh komponen lain.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJEDR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research dengan nomor ISSN terdaftar 3025-2385 (Cetak) dan 3025-2393 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research bertujuan untuk ...