JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN
Vol 12, No 2 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan

Implementasi Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah

Bela, Dinda Velita (Unknown)
Mahmudah, Fitri Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perwujudan pendidikan karakter religius melalui kultur sekolah. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman. Uji keakuratan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah meliputi budaya sholat dhiha, sholat sebelum dan sesudah pembelajaran, berupa benda fisik dan bangunan yang bernilai religius, sebagai artefak yang bernilai religius, dan sebagai objek yang bernilai moral. Semua bangunan dan benda fisik digunakan untuk memperkuat lingkungan yang mendukung karakter religius. Budaya perilaku iman, ibadah dan budaya perilaku yang layak untuk pendidikan akhlak dihayati dan diteladani. Budaya terakhir adalah budaya berpikir berupa visi dan misi pesantren, pemikiran religius siswa dan guru yang dituangkan dalam karya seperti sajadah dan slogan. Budaya ide diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaannya didukung oleh faktor-faktor seperti daya tampung yang memadai dan partisipasi seluruh anak sekolah dalam budaya sekolah. Faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran sebagian siswa dan perbedaan kemampuan siswa. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal publishes research articles results and conceptual studies in field of educational management and educational administration. Jurnal Manajemen Pendidikan publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of educational ...