Kemajuan teknologi yang pesat telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk politik, ekonomi, budaya, dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan bukti terkait penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SMPN se-Kecamatan Batujajar. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui survei, dengan teknik total sampling untuk mengumpulkan data dari seluruh SMPN di wilayah tersebut. Sebanyak 20 guru menjadi sampel penelitian, dan data dianalisis menggunakan presentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa guru-guru di SMPN se-Kecamatan Batujajar telah memiliki kemampuan untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran. Kemampuan ini meliputi pengetahuan teknologi sebesar 52%, pengetahuan pedagogis 57,50%, pengetahuan konten 39%, pengetahuan pedagogis konten 45,50%, pengetahuan pedagogis teknologi 43%, dan pengetahuan pedagogis konten teknologi 63%. Meskipun para guru telah mampu memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran, masih terdapat beberapa yang belum sepenuhnya mengoptimalkannya, bahkan ada yang belum mengenalnya. Hal ini mencerminkan adanya variasi dalam tingkat pemahaman dan penerapan teknologi di kalangan guru-guru tersebut
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024