Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K)
Vol 5, No 3 (2024): J-P3K DESEMBER

Motivasi Belanja Hedonis dan FoMO: Menguak Pola Pembelian Impulsif

Liong, Reynaldo (Unknown)
Mora, Linda (Unknown)
Tyas, Devi Marganing (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Pembelian impulsif terjadi ketika individu memiliki kecenderungan untuk membeli barang atau jasa tanpa mempertimbangkan dengan cermat, tanpa keterlibatan pikiran yang mendalam, atau tanpa pikiran yang matang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi belanja hedonis dan FoMO dapat memengaruhi pembelian impulsif. Jenis metode penelitian yang digunakan merupakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian asosiatif kausal. Penelitian ini menjadikan konsumen yang pernah berbelanja di store X Karawang sebagai populasi dengan jumlah sampel sebanyak 100 konsumen yang diambil dengan teknik accidental sampling. Alat ukur yang digunakan Impulse Buying Tendency (IBT) dari Verplanken dan Herabadi, Hedonic Motivation Scale yang dimodifikasi berdasarkan Ozen dan Engizek, dan FoMO Scale yang dimodifikasi Lim. Hasil analisis data menunjukan nilai Sig.0.000 (p0.05) analisa data melalui Analisa regresi berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 26 dan nilai R2 sebesar 0.347, dapat diartikan motivasi belanja hedonis dan FoMO memengaruhi pembelian impulsif, dengan kontribusi sebesar 37,4%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-P3K

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Nursing Public Health Social Sciences

Description

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan manuskrip penelitian di bidang pendidikan, psikologi dan kesehatan. Fokus dan ruang lingkup jurnal adalah untuk: 1) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki ...