Celebrity worship sebagai perilaku yang dicirikan oleh obsesi terhadap selebritas yang diidolakan. Neuroticism, yang merupakan kecenderungan untuk mengalami emosi negatif seperti kecemasan, ketidakstabilan emosional, dan ketidakpuasan, adalah salah satu faktor psikologis yang berpotensi memengaruhi perilaku ini. Penelitian ini memfokuskan pada pengaruh neuroticism terhadap celebrity worship. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kausalitas asosiatif dengan teknik non-probability sampling, snowball sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 235 responden. Alat ukur yang digunakan adalah Celebrity Attitude Scale (CAS) dan Big Five Iventory-2 (BFI-2). Uji regresi linear sederhana sebagai penganalisis data guna menilai pengaruh neuroticism terhadap celebrity worship. Analisis tersebut menghasilkan nilai signifikansi 0.000, yang tidak melampaui nilai ambang batas 0.05. Hal ini menjadi acuan bahwa hipotesis alternatif (Hₐ) diterima dan hipotesis nol (H₀) ditolak, menunjukkan bahwa neuroticism memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku celebrity worship. Berdasarkan uji koefisien determinasi, diketahui bahwa neuroticism memberikan kontribusi sebesar 4.5% pada perilaku celebrity worship, sementara 95.5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024