Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis miskonsepsi siswa ketika menyederhanakan soal ekspresi aljabar berdasarkan asimilasi dan akomodasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA semester 2 tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 6 siswa. Teknik analisis data yang digunakan meliputi melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dilakukan menggunakan teknik triangulasi yaitu membandingkan data antara hasil pekerjaan siswa, hasil wawancara, dan hasil pengamatan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan siswa mengalami tujuh jenis miskonsepsi yang menyebabkan kesalahan dalam menyederhanakan ekspresi aljabar yaitu miskonsepsi penyebab a conjoin error, miskonsepsi penyebab an exponent error, miskonsepsi penyebab a reversal error, miskonsepsi penyebab learnes’ difficulties with variable, miskonsepsi penyebab substituting numeric values for letters. Miskonsepsi penyebab an equation formation error, dan miskonsepsi penyebab a commutative like terms error. Miskonsepsi disebabkan asimilasi yang tidak sesuai dan akomodasi yang tidak terjadi. Kata Kunci: miskonsepsi, ekspresi aljabar, asimilasi dan akomodasi
Copyrights © 2024