JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 9 No 2 (2024): September 2024 - February 2025

Miskonsepsi Siswa dalam Menyederhanakan Ekspresi Aljabar berdasarkan Kerangka Asimilasi dan Akomodasi

Rahma, Lilavati Vijaganita (Unknown)
Alifiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis miskonsepsi siswa ketika menyederhanakan soal ekspresi aljabar berdasarkan asimilasi dan akomodasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA semester 2 tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 6 siswa. Teknik analisis data yang digunakan meliputi melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dilakukan menggunakan teknik triangulasi yaitu membandingkan data antara hasil pekerjaan siswa, hasil wawancara, dan hasil pengamatan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan siswa mengalami tujuh jenis miskonsepsi yang menyebabkan kesalahan dalam menyederhanakan ekspresi aljabar yaitu miskonsepsi penyebab a conjoin error, miskonsepsi penyebab an exponent error, miskonsepsi penyebab a reversal error, miskonsepsi penyebab learnes’ difficulties with variable, miskonsepsi penyebab substituting numeric values for letters. Miskonsepsi penyebab an equation formation error, dan miskonsepsi penyebab a commutative like terms error. Miskonsepsi disebabkan asimilasi yang tidak sesuai dan akomodasi yang tidak terjadi. Kata Kunci: miskonsepsi, ekspresi aljabar, asimilasi dan akomodasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2502-9878, p-ISSN: 2502-986X) is a journal publishes original research and review articles in the field of mathematics and mathematics education. This journal published twice a year (in March and ...