Jurnal Pacu Pendidikan Dasar
Vol 5 No 2 (2024): Desember 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Self-Directed Learning terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 24 Cakranegara

Aziz, Lalu Abdul (Unknown)
Yuntawati, Yuntawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV pada pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 24 Cakranegara. Penelitian menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan kelompok eksperimen yang menerapkan SDL dan kelompok kontrol dengan metode konvensional. Instrumen penelitian meliputi angket, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model SDL secara signifikan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dibandingkan metode konvensional. Siswa dalam kelompok eksperimen mengalami peningkatan rata-rata skor yang lebih besar pada keaktifan dan hasil belajar dibandingkan siswa dalam kelompok kontrol. Model SDL mendorong kemandirian, motivasi, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, sehingga lebih efektif untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Kesimpulannya, SDL merupakan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan potensi untuk diterapkan secara luas dalam berbagai konteks pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pacu

Publisher

Subject

Education

Description

The focus and scope of the manuscript covered in educational research related to but not limited to best practices in Elementary Education and Early Childhood Education. Topics include: 1. Learning Innovation for Elementary Education and Early Childhood Education. 2. Elementary Education and Early ...