PEDAGOGIA
Vol 22, No 3 (2024)

Media Pembelajaran Audio Podcast Spotify Pada Mata Pelajaran Kehumasan Dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik

Sari, Dian Novita (Unknown)
Arief, Mohammad (Unknown)
Kusdiyanti, Heny (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang serta menembus semua domain kehidupan, khususnya sektor pendidikan. Pendidik dihadapkan dengan keharusan untuk menghasilkan pendekatan inovatif yang mendukung kegiatan belajar mengajar. Salah satu bentuk media pembelajaran yang berkembang pesat yakni audio podcast Spotify, yang secara efektif meningkatkan pengalaman belajar di dalam kelas dan memperkuat pemahaman peserta didik tentang materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan audio podcast Spotify sebagai media pembelajaran bagi peserta didik kelas XI MPLB SMK Negeri 2 Kota Kediri, menilai efektivitas media pembelajaran tersebut, serta membandingkan motivasi dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media audiopodcast Spotify dengan mereka yang menggunakan media pembelajaran lainnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan dengan model ADDIE. Data hasil validasi dan motivasi belajar peserta didik dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, sedangkan hasil belajar peserta didik dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon. Berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran audio podcast Spotify dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Education

Description

PEDAGOGIA (e-ISSN 2579-7700, p.ISSN 1693-5276 is a peer-reviewed (double blind review) journal published by Faculty of Education, Indonesia Univerity of Education. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for publishing the original research articles or review ...