Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang serta menembus semua domain kehidupan, khususnya sektor pendidikan. Pendidik dihadapkan dengan keharusan untuk menghasilkan pendekatan inovatif yang mendukung kegiatan belajar mengajar. Salah satu bentuk media pembelajaran yang berkembang pesat yakni audio podcast Spotify, yang secara efektif meningkatkan pengalaman belajar di dalam kelas dan memperkuat pemahaman peserta didik tentang materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan audio podcast Spotify sebagai media pembelajaran bagi peserta didik kelas XI MPLB SMK Negeri 2 Kota Kediri, menilai efektivitas media pembelajaran tersebut, serta membandingkan motivasi dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media audiopodcast Spotify dengan mereka yang menggunakan media pembelajaran lainnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan dengan model ADDIE. Data hasil validasi dan motivasi belajar peserta didik dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, sedangkan hasil belajar peserta didik dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon. Berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran audio podcast Spotify dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2024