Jambura Edu Biosfer Journal
Vol 6, No 1 (2024): Jambura Edu Biosfer Journal

ANALISIS BUKU AJAR BIOLOGI SMA MATERI GENETIKA DAN RELEVANSINYA DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Azzahra, Waliyyatu (Unknown)
Jayah, Johan Susanto (Unknown)
Kusumawaty, Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi konten buku ajar biologi dengan dimensi profil pelajar pancasila (PPP) dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menganalisis 10 buku ajar biologi SMA Kelas XII yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun beberapa elemen profil pelajar pancasila teridentifikasi dalam buku ajar, namun belum ada buku yang memuat secara lengkap semua elemen tersebut. Hal tersebut karena terdapat kesamaan dan perbedaan dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka yang memungkinkan sebagian elemen profil pelajar Pancasila ditemukan dalam buku Kurikulum 2013, dengan dimensi bernalar kritis memiliki persentase paling tinggi (59%), diikuti oleh dimensi mandiri (22%), bergotong royong (11%), berakhlak mulia (6%), dan kreatif (2%), namun dimensi kebhinekaan global tidak teridentifikasi dalam buku ajar yang dianalisis. Penelitian ini memberikan gambaran dan arah perbaikan dalam mengembangkan buku ajar yang relevan dengan Kurikulum Merdeka

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edubiosfer

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah menyediakan tempat bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel atau artikel ulasan asli. Scoper dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini berhubungan dengan berbagai topik, termasuk: Biologi, Pendidikan Biologi, Genetika, Bioteknologi, ...