Multi Proximity: Jurnal Statistika Universitas Jambi
Vol. 3 No. 1 (2024): Statistical Thinking and Problem Solving

Analisis Rantai Markov untuk Mengetahui Peluang Perpindahan Platform E-Commerce yang dipilih Mahasiswa Matematika

Nabila, Anugrah Putri (Unknown)
Maharani, Cindy (Unknown)
Putri, Nabilah Shahada (Unknown)
Pangesti, Zahwa Rifsya (Unknown)
Mardhotillah, Bunga (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis pola perpindahan konsumen di antara platform e-commerce seperti Shopee, Tiktok Shop, dan Lazada menggunakan metode Rantai Markov. Fokus penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Matematika Universitas Jambi. Data dikumpulkan melalui kuesioner pada 10 dan 11 September 2024. Prediksi pengguna e-commerce menunjukkan penurunan signifikan untuk Shopee, dari 64 pengguna pada 2024 menjadi 4 pada 2028, sedangkan Tiktok Shop mengalami penurunan dari 22 menjadi 1 pada periode yang sama. Lazada tetap tidak mengalami perubahan. Penurunan ini dipengaruhi oleh distribusi awal yang tidak seimbang dan probabilitas berpindah pengguna yang lebih tinggi ke platform lain. Model Rantai Markov menunjukkan bahwa distribusi pengguna akan cenderung menuju keadaan kesetimbangan (steady state), menyebabkan penurunan jumlah pengguna Shopee dalam jangka panjang

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

multiproximity

Publisher

Subject

Mathematics

Description

This journal publishes research articles / manuscripts with the following scope: Multivariate Analysis Regression and Correlation Actuarial Mathematics Structural Equation Modelling Geometry in Multivariate Statistics Statistical Mathematics Applied Statistics Econometrics Stochastics Process Design ...