PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2024): Oktober, 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IX

Adilla, Putri (Unknown)
Haris, Denny (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2024

Abstract

Matematika dianggap komponen krusial dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, menjadikannya sebagai suatu ilmu yang terstruktur dan terpadu. Keunggulan matematika terletak pada kemampuannya untuk memecahkan permasalahan, baik dalam konteks soal matematika maupun permasalahan lain yang terkait dengan kehidupan nyata. Salah satu kemampuan dari tujuan pelajaran matematika yang harus dikuasai siswa adalah kemampuan penalaran matematis. Tujuan dari penelitian  ini untuk melihat pengaruh yang ditimbulkan oleh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX di SMP Negeri 29 Medan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 56 siswa. Sampel penelitian ini kelas IX – 4 dengan 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX – 5 dengan 27 siswa sebagai kelas kontrol dengan teknik Simple Random Sampling. Desain penelitian ini menggunakan Posttest Only Control Design. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T – Test. Berdasarkan hasil penelitian  diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX SMP Negeri 29 Medan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...