EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikukulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas (SMA)

Melati, Puji Dinda (Unknown)
Rini, Eko Puspita (Unknown)
Musyaiyadah, Musyaiyadah (Unknown)
Firman, Firman (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikukulum Merdeka merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhdap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan dampaknya terhadap peserta didik dengan tema “Kewirausaan” dan “Bhineka Tunggal Ika”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum di Sekolah Menengah Atas, observasi, dokumentasi terhadap penerapan P5, dan hasil studi literatur dari berbagai jurnal ilmiah yang sesuai dengan kajian. Berdasarkan hasil penelitian proses penerapan P5 di Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah berjalan dengan baik, partisipasi aktif dari siswa juga terlihat jelas pada tema yang telah diterapkan yaitu “Kewirausahaan” dan “Bhineka Tunggal Ika”. Meski begitu, dalam pengimplementasiannya terdapat beberapa tantangan seperti alokasi sumber daya, waktu, dana, dan kurangnya pendampingan guru, dimana hal tersebut juga perlu diperhatikan secara serius dan mendalam. Dengan dukungan yang berkelanjutan dari semua pihak terkait seperti pemerintah, guru, staf sekolah, dan masyarakat juga menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan keberlanjutan dan keberhasilan program P5 tersebut. Namun demikian, keterbatasan dalam penelitian ini dan implikasi artikel terhadap perkembangan keilmuan masih sangat minim agar mampu di lanjutkan oleh generasi peneliti berikutnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...