EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 6 (2024): December

Video Pembelajaran Cisco Packet Tracer : Strategi Efektif Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan Komputer dan Internet

Jayanti, Ratna Dwi (Unknown)
Herwanto, Heru Wahyu (Unknown)
Firdaus, Rizal (Unknown)
Maskuri, Muhammad Naja (Unknown)
Ratnasari, Heny Dwita (Unknown)
Hofifah, Hofifah (Unknown)
Maulana, Afiko Ilham Akbar (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2024

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mendorong transformasi dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pengajaran materi jaringan komputer dan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis Cisco Packet Tracer dan mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang jaringan komputer dan internet. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan desain ADDIE. Hasil analisis menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan memperoleh skor validasi dari ahli di atas 85%, menandakan bahwa produk ini layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji coba pada 36 siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman materi setelah penggunaan video pembelajaran. Dari analisis menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh data bahwa tidak terdapat nilai yang menurun an-tara pretest dan posttest, dengan nilai N dan Mean Rank untuk Negative Ranks sama dengan 0. Sebaliknya, terdapat 36 data positif, yang menunjukkan bahwa seluruh siswa mengalami peningkatan hasil belajar, dengan Mean Rank peningkatan sebesar 18,50 dan jumlah rangking positif (Sum of Ranks) sebesar 666,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan video pembelajaran berbasis Cisco Packet Tracer secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang jaringan komputer dan internet. Oleh karena itu, produk ini direkomendasikan untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran di sekolah, sebagai metode pembelajaran yang inovatif dan efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...