EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Pengaruh Perkuliahan Magang DU/DI dan Pengalaman Organisasi terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa

Triyani, Bela (Unknown)
Susanti, Asri Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Kesiapan kerja mahasiswa dapat ditingkatkan melalui pengalaman. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris (1) pengaruh perkuliahan magang Du/Di terhadap kesiapan kerja mahasiswa, (2) pengaruh pengalaman organisasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa, dan (3) pengaruh perkuliahan magang Du/Di dan pengalaman organisasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2020 dan 2021 sebanyak 136 mahasiswa. Sampel dipilih menggunakan simple random sampling sebanyak 101 mahasiswa. Metode penelitian adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Teknik analisis data dengan program pengolahan data SPSS  26.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan perkuliahan magang Du/Di terhadap kesiapan kerja mahasiswa dengan nilai uji t yaitu = 3,921 dan signifikansi < 0,05. (2) terdapat pengaruh signifikan pengalaman organisasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa dengan nilai uji t yaitu =7,318 dan signifikansi < 0,05. (3) terdapat pengaruh signifikan perkuliahan magang Du/Di dan pengalaman organisasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa dengan nilai uji F yaitu =88,132 dan signifikansi < 0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...