Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan penggunaan video pembelajaran di perguruan tinggi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-kuantitatif dengan instrumen pengisian angket. Penelitian dilaksanakan pada 1-10 September 2023 di Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Makassar. Sampel penelitian adalah mahasiswa Jurusan Biologi sebanyak sebanyak 50 orang yang dipilih secara random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran memiliki dampak positif pada motivasi mahasiswa dan mendorong partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Artikel ini memiliki implikasi penting dalam pengembangan strategi pembelajaran di perguruan tinggi dan memperkuat argumen untuk integrasi lebih lanjut dari teknologi video dalam perguruan tinggi di jurusan Biologi FMIPA Univrsitas Negeri Makassar. Hasil penelitian dengan setiap indikator berada diangka >50% pada kategori baik yang mengindikasikan bahwa video pembelajaran dapat menjadi media yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di jurusan biologi. Kesimpulannya penggunaan video pembelajaran di perguruan tinggi memiliki efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi dan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran.
Copyrights © 2024