EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Pengaruh Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Akuntansi dan Akuntansi Dasar terhadap Prestasi Belajar MYOB

Pramudita, Avinda Dewi (Unknown)
Ivada, Elvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Prestasi belajar komputer akuntansi MYOB yang rendah menjadi suatu masalah bagi siswa di SMK Negeri 1 Sragen. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris 1) pengaruh penguasaan kosakata bahasa Inggris akuntansi terhadap prestasi belajar komputer akuntansi MYOB; 2) pengaruh penguasaan akuntansi dasar terhadap prestasi belajar komputer akuntansi MYOB; dan 3) pengaruh penguasaan kosakata bahasa Inggris akuntansi dan akuntansi dasar terhadap prestasi belajar komputer akuntansi MYOB. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI program studi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK N 1 Sragen dengan jumlah sampel sebanyak 123 siswa. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Uji validitas menggunakan expert judgement, uji reliabilitas menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan penguasaan kosakata bahasa Inggris akuntansi terhadap prestasi belajar komputer akuntansi MYOB dengan nilai signifikansi 0,016<0,05; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan penguasaan akuntansi dasar terhadap prestasi belajar komputer akuntansi MYOB dengan nilai signifikansi 0,000<0,05; dan 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan penguasaan kosakata bahasa Inggris akuntansi dan akuntansi dasar terhadap prestasi belajar komputer akuntansi MYOB dengan nilai signifikansi 0,000<0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...