EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 5 (2024)

Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Minat Baca Di Sekolah Dasar

Sulastri, Arvina Sulastri (Unknown)
Mertika, Mertika (Unknown)
Mariana, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2024

Abstract

Hasil PISA pada tahun 2022 ini terkait literasi membaca, menunjukkan peringkat Indonesia yang naik 5 posisi dibandingkan tahun 2018. Kendati demikian, score yang didapatkan menunjukkan penurunan dan Indonesia masih menduduki 11 peringkat terbawah dari 81 Negara yang didata. Padahal membaca kegiatan yang harus dibiasakan karena merupakan kegiatan kompleks, yang memiliki tujuan, bersifat interaktif, membutuhkan pemahaman yang termasuk kegiatan fleksibel yang memakan waktu dan sumber penting  . Tujuan penelitian ini mencakup 1) mengetahui aspek penting berupa kecerdasaan dalam cakupan emosional pada siswa kelas IV SDN 32 Singkawang, 2) mengetahui minat terhadap giat baca pada kelas IV SDN 32 Singkawang, 3) mengetahui hubungan antara dua hal penting yang sudah diurai pada dua poin, yaki berupa pertama kecerdasan emosional dan kedua yakni minat baca di SD. Jenis penelitian yang digunakan ialah Kuantitatif ialah suatu kategori jenis yang dilakukan penerapan dalam penelitian ini yang sifatnya yakni korelasi dengan desain penelitian assosiatif,  lalu untuk populasi yang ada pada cakupan penelitian ini ialah siswa kelas IV SDN 32 Singkawang yang secara jumlah yakni 30 siswa, teknik pengambilan data menggunakan sampel yaitu total sampling, teknik pengumpulan data atau bisa juga dilakukan penyebutan menjadi teknik penghimpunan data yaitu angket kecerdasan emosional adaptasi dari dan studi berupa dokumentasi, dan teknik untuk melakukan analisis terhadap data yaitu rata-rata keseluruhan dan korelasi yang disebut dengan yakni pearson product moment. Hasil penelitian memberi suatu petunjuk bahwa : 1) kecerdasan emosional berada di kriteria tinggi dengan rata-rata keseluruhan sebesar 71. 2) minat baca siswa berada di kriteria tinggi dengan rata-rata keseluruhan sebesar 70.  3) kecerdasan emosional memiliki hubungan yang signifikan dengan minat baca dengan berdasarkan nilai signifikasi menunjukan sebesar 0,000 < 0,05, artinya Ho dilakukan penolakan sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara dua hal, yakni pertama kecerdasan dalam cakupan emosional dan kedua yakni minat terhadap giat baca. Berdasarkan nilai t hitung sebesar 22,2. Sehingga hasilnya adalah t hitung > t tabel 2, 04, maka Ho dilakukan penolakan jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dua hal, yakni pertama kecerdasan dalam cakupan emosional dan kedua yakni minat terhadap giat baca kelas IV SDN 32 Singkawang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...