Penelitian ini dilakukan dengan ditemukannya beberapa permasalahan yang terjadi di SMA N 11 Muaro Jambi mengenai karakter disiplin peserta didik terkait dengan peraturan tata tertib yaitu masih terdapat peserta didik yang terlambat, yang tidak memakai seragam rapi dan terdapat beberapa siswa yang tidak memakai sepatu sesuai dengan peraturan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran, kendala, dan upaya guru dalam membentuk karakter disiplin peserta didik yang dilakukan di SMA N 11 Muaro Jambi pada siswa yang ada di beberapa kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis studi kasus dengan metode deskriptif, untuk mengetahui secara alamiah peran guru dalam membentuk karakter disiplin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dengan seorang guru, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selain orang tua sebagai orang terdekat peserta didik peran guru di sekolah juga memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di sekolah maupun di rumah. Kendala guru dalam membentuk karakter disiplin peserta didik adanya siswa yang tertutup, kurangnya komunikasi dengan orang tua, karakter pribadi siswa, lingkungan keluarga, pengaruh tempat tinggal dan pengaruh teman. Guru di SMA N 11 Muaro Jambi dapat mengupayakan kendala tersebut dengan baik sehingga mampu membentuk karakter disiplin peserta didik yang baik.
Copyrights © 2024