EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Penerapan Model PBL dan Metode Window Shopping dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VII Sekolah Menengah Pertama

Choirunnisa, Lutfia Fajar (Unknown)
Kirna, Mefi (Unknown)
Sarino, Sarino (Unknown)
Hastuti, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

Salah satu pendekatan alternatif untuk mendorong dan meningkatkan hasil belajar sains siswa adalah melalui implementasi model pembelajaran inovatif, menarik, dan berpusat pada siswa. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Bumi dan Tata Surya dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dan metode Window Shopping untuk siswa kelas VII di SMPN 10 Surakarta pada tahun akademik 2023/2024. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Data yang terkumpul berupa hasil pencapaian siswa dari penilaian perkembangan setiap siklus, termasuk lembar kerja (LKPD) dan post-test. Metode analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa selama kedua siklus tersebut. Rata-rata hasil belajar pada siklus I dan II adalah 78,52 dan 84,47. Pada siklus I, 70% siswa mencapai ketuntasan hasil belajar, sedangkan pada siklus II, angka tersebut meningkat menjadi 93,3%. Kesimpulan yang didapat bahwa penerapan model PBL dan metode Window Shopping dapat mneningkatan hasil belajar IPA kelas VII di SMPN 10 Surakarta.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...