EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 5 (2024)

Efektivitas Literasi Budaya dan Kewargaan dalam Meningkatkan Kebhinekaan Global di SMP

Haniifah, Ayyuasy (Unknown)
Harsan, Toni (Unknown)
Murtiningsih, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2024

Abstract

Pada era globalisasi yang semakin maju, penting bagi siswa untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang literasi budaya dan kewargaan yang dapat menumbuhkan karakter kebhinekaan global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi literasi budaya dan kewargaan dalam meningkatkan kebhinekaan global, serta untuk mengetahui efektivitas dari literasi budaya dan kewargaan dalam meningkatkan kebhinekaan global di SMP Negeri 3 Pracimantoro. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi literasi budaya dan kewargaan dalam meningkatkan kebhinekaan global yaitu: a) adanya kegiatan-kegiatan pengenalan keberagaman yakni melalui kegiatan kunjungan ke tempat bersejarah, mengikuti pawai atau festival budaya, kegiatan “Sapa Pagi”, b) pembagian kelompok diskusi dan melalui kegiatan “CITATO”, “Apel Pagi”, “Sari Kiwi”, c) tayangan powerpoint/video serta kegiatan “Misi Wali” dan “Jum’at Pagi”. Sedangkan efektivitas literasi budaya dan kewargaan dalam meningkatkan kebhinekaan global yaitu: a) siswa dapat saling mengenal, mempelajari dan menghargai keberagaman budaya, b) dapat berkomunikasi dengan aktif, sopan dan santun dalam berinteraksi antar sesama teman, c) memiliki rasa kepedulian dan toleransi yang tinggi sehingga tercipta suatu keharmonisan. Dengan demikian literasi budaya dan kewargaan yang diterapkan di SMP Negeri 3 Pracimantoro efektif dapat meningkatkan kebhinekaan global pada siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...