EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Metode Pembelajaran Seni Teater di Sekolah Dasar

Aznurwanti, Anum (Unknown)
Amalia, Arsyi Rizqia (Unknown)
Nurmeta, Irna Khaleda (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka memberikan tantangan bagi guru agar dapat memberikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Pemilihan metode pembelajaran yang digunakan tentunya harus dapat menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka dalam metode pembelajaran seni teater kelas IV di SDN Leuweung Datar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas IV SDN Leuweung Datar. Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi melalui telaah modul ajar, dan observasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa terdapat beberapa metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran seni teater yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, metode imitasi, metode latihan, dan metode bermain peran (role playing). Temuan penelitian ini memberikan implikasi bagi pengembangan pembelajaran seni teater di sekolah dasar, yaitu mendorong penerapan metode pembelajaran yang interaktif sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi bermakna.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...