EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Quizizz terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Perbankan

Yulistiana, Nita Cahya (Unknown)
Sudiyanto, Sudiyanto (Unknown)
Nurhaini, Lies (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil adanya pengaruh multimedia interaktif berbasis quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Sumber data penelitian ini meliputi peserta didik kelas X program keahlian Akuntansi dsn Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024 dengan total sebanyak 106 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 70 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 35 peserta didik kelas X program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga 3 sebagai kelompok eksperimen dan 35 peserta didik kelas X program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner dan dokumentasi. Analisis data berupa uji prasyarat penelitian ini adalah uji normalitas dengan Kolmogrov-smirnov dan uji homogenitas dengan Levene Statistic. Pengujian hipotesis pada penelitian ini adalah uji Independent Sample T-Test dengan nilai signifikan 0,05 dengan bantuan program SPSS 26. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh multimedia interaktif berbasis quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Signifikan 0,000 < 0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...