EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Analisis Peran Kepala Sekolah sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama

Chairiyah, Siti Sri (Unknown)
Khayati, Nur (Unknown)
Azainil, Azainil (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan ditemukannya beberapa permasalahan yang terjadi di SMP N 1 Kota Samarinda mengenai kurangnya motivasi guru dalam melaksanakan tugasnya yang ditandai dengan kurangnya kedisiplinan guru saat masuk kerja, menumpuknya tugas yang terlambat untuk diselesaikan, dan kurangnya kompetensi guru dalam penggunaan media ajar berbasis digital. Penelitian ini bertujuan  untuk  menganalisis keterlaksanaan peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis studi kasus dengan metode deskriptif, untuk mengetahui secara alamiah peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam , observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan  peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru adalah dengan menciptakan lingkungan yang mendukung kinerja guru melalui pengaturan fisik dan suasana kerja yang menyenangkan, penerapan kedisiplinan, pemberian penghargaan yang tepat, mendorong semangat para guru dalam menjalankan tanggung jawab mereka, dan memfasilitasi berbagai pelatihan yang relevan. Sebagai motivator kepala sekolah secara efektif mampu meningkatkan kinerja guru. Keterlaksanaan  peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru di  SMP Negeri 1 Samarinda telah berhasil dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...