Active Learning merupakan salah satu alternatif metode yang dimanfaatkan untuk meningkatkan keaktifan hasil belajar siswa, terutama dengan menggunakan tipe Card Sort yang terbukti efektif dalam mempermudah pemahaman siswa terhadap konsep yang diajarkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengaruh penggunaan metode active learning tipecard Short terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Pendekatan penelitian yang difungsikan yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan setelah dilakukan metode Active Learning Tipe Card kepada peserta didik. Dimana sebelumnya sudah dilakukan pre test dan post test melalui uji normalitas data, uji homogenitas, dan uji t. Uji normalitas data menunjukkan nilai sig Kolmogrov Smirnov > 0,05 yang terbilang normal. Uji homogenitas menunjukkan nilai sig Based on Mean 0,06 > 0,05 yang homogen. Sedangkan dari uji t peserta didik menghasilkan data dengan menunjukkan nilai output pair 1 diperoleh kedua significance sebesar <,001 dan nilai itu kurang dari 0,005 pretest kelas Ekesperimen dan posttest kelas eksperimen, juga pada pretest kelas Kontrol dan postest kelas kontrol menghasilkan nilai yang sama. Selain itu bisa dilihat dari table statiktik bahwa rata-rata dari skor postest antara kelas kontrol dan eksperimen lebih tinggi rata-rata kelas eksperimen.
Copyrights © 2024