EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Multimedia Alternatif terhadap Aktivitas Emosional Siswa

Shintiawaty, Fenty (Unknown)
Matsum, Junaidi H. (Unknown)
Ulfah, Maria (Unknown)
Asriati, Nuraini (Unknown)
Achmadi, Achmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Pemanfaatan teknologi multimedia dalam pendidikan semakin penting untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini mengkaji penggunaan penerapan multimedia alternatif terhadap aktivitas emosional siswa kelas XI Madrasah Aliyah . Tujuannya adalah untuk melihat pengaruh penerapan multimedia alternatif terhadap aktivitas emosional siswa dengan menggunakan metode kuantitatif dan desain korelasi . Sampel terdiri dari 113 siswa kelas XI IPS, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi untuk mengukur penggunaan multimedia dalam pembelajaran serta aktivitas emosional siswa. Analisis data dengan bantuan SPSS versi 26.00 yang dapat menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara penggunaan multimedia dalam melihat aktivitas emosional siswa. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman baru tentang bagaimana multimedia dapat meningkatkan aktivitas emosional siswa di lingkungan pendidikan, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif di Madrasah Aliyah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...