EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 5 (2024)

Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Ekstrakulikuler Futsal

Silaban, Ricky Alfredo (Unknown)
Sattu, Yuliana (Unknown)
Fitrianto, Ari Tri (Unknown)
Habibie, Muhammad (Unknown)
Rizky, Oddie Barnanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Kebugaran jasmani adalah elemen penting dalam meningkatkan kemampuan dalam olahraga. Namun, saat ini ekstrakulikuler olahraga sekolah SMA Lentera Tomohon tidak punya perencanaan dan evaluasi terhadap sasaran yang jelas terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa. Penelitian ini  berfokus untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani siswa ekstrakulikuler futsal. Metode ini menerapkan metode kuantitatif menggunakan survey. Populasi dan sampel sebanyak 21 siswa dari ekstrakulikuler futsal. Instrumen penelitian ini dengan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia untuk kelompok umur 16-19 tahun mencakup beberapa tahapan, yaitu: (1) lari 60 meter (sprint), (2) angkat tubuh (Pull up) selama 60 detik, (3) baring duduk (sit up) selama 60 detik, (4) loncat tegak (Vertical Jump), dan lari 1200 meter. Teknik analisis data ini dengan mengunakan statistik presentase Microsoft Excel. Hasil tes keseluruhan  menunjukkan siswa yang termasuk klasifikasi baik sekali (0%), terdapat 2 siswa klasifikasi baik (10%), 7 siswa klasifikasi sedang (33%), 6 siswa berada klasifikasi kurang (28,5%), serta 6 siswa berada klasifikasi kurang sekali (28,5%). Jumlah nilai rata-rata keseluruhan TKJI siswa berjumlah 12,81. Berdasarkan hasil keseluruhan tes yang sudah dilakukan, tentu dapat disimpulkan bahwa kondisi kebugaran siswa SMA Lentera Tomohon yang berpartisipasi dalam ekstrakulikuler futsal berkategori “Kurang”.  Kebugaran jasmani siswa membantu siswa akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran fisik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...