EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 5 (2024)

Strategi Pembelajaran pada Materi Biomolekuler dan Bioteknologi

Siregar, Shopiah Dhuha (Unknown)
Nahdiyati, Kartika (Unknown)
Damayanti, Anggia Fitri (Unknown)
Kusnadi, Kusnadi (Unknown)
Rahman, Taufik (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Biomolekuler dan bioteknologi merupakan dua bahasan yang penting dalam pembelajaran biologi, untuk membekali siswa pemahaman biomolekuler dan bioteknologi yang baik diperlukan strategi pembelajaran yang efektif berupa pendekatan, model, metode, dan media pembelajaran yang digunakan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untukĀ  mengkaji dan menganalisis strategi pembelajaran yang telah diimplementasikan dalam mempelajari bioteknologi dan biomolekuler. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur dengan menganalisis strategi pembelajaran pada materi biomolekuler dan bioteknologi. Analisis kajian literatur dilakukan dengan mengumpulkan publikasi dari Google Scholar dengan periode 10 tahun terakhir. Hasil analisis strategi pembelajaran dijabarkan secara rinci, meliputi pendekatan pembelajaran, model pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran yang mendukung pembelajaran biomolekuler dan bioteknologi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran biomolekuler dan bioteknologi akan lebih efektif dengan pendekatan kontekstual, model problem based learning, metode diskusi dan tanya jawab, serta didukung oleh media pembelajaran augmented reality. Kajian mengenai strategi pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi landasan dalam pemilihan dan penggunaan strategi pembelajaran yang paling baik dan efektif digunakan pada materi pokok bioteknologi dan biomolekuler.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...