PPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan media tangram terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika siswa di kelas IV SD di Gugus V, Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain Posttest-Only Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD di Gugus V, Kecamatan Buleleng. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SDN 4 Kaliuntu sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 1 Kaliuntu sebagai kelompok kontrol yang diperoleh dengan teknik random sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial yang menggunakan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif pada kelompok eksperimen (85,29) lebih besar dari kelompok kontrol (71,77) dan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelompok eksperimen (83,17) lebih besar dari kelompok kontrol (69,44). Secara simultan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media tangram secara signifikan lebih baik daripada kelompok yang mengikuti model pembelajaran Direct Learning.
Copyrights © 2024