EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Evaluasi Penerapan Blended Learning pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Institusi Pendidikan Tinggi

Deviv, Selvia (Unknown)
Nooviar, Muh Syilfa (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan blended learning dengan menggunakan model project-based learning (PjBL) dalam mata kuliah Bahasa Indonesia di Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan untuk meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang sering dianggap membosankan jika diajarkan secara konvensional. Blended learning dipilih sebagai alternatif untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mahasiswa. Metode studi kasus digunakan dengan mengumpulkan data melalui observasi, evaluasi kinerja mahasiswa, dan tanggapan dari dosen serta mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam prestasi akademik dan kepuasan mahasiswa setelah penerapan blended learning dengan pendekatan PjBL. Pendekatan tersebut terbukti efektif berdasarkan temuan ini dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi, sesuai dengan kebutuhan kontemporer dalam menghadapi tantangan pembelajaran yang kompleks. Penelitian ini berkontribusi penting dalam pengembangan strategi pembelajaran yang dapat diadopsi oleh institusi lain untuk memperbaiki pengalaman belajar mahasiswa di Indonesia

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...