EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Biografi Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry pada Siswa SMA

Padang, Wardania Banga (Unknown)
Rabiah, Sitti (Unknown)
Puspitasari, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca siswa di kelas X1 SMA Negeri 3 Tana Toraja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan membaca teks biografi dengan menggunakan model pembelajaran inquiry pada siswa kelas X1 SMA Negeri 3 Tana Toraja. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi, tes/tugas, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dalam keterampilan membaca teks biografi dengan penggunaan model pembelajaran inquiry pada setiap siklus. Pada siklus I persentase hasil belajar siswa dengan rata-rata 78. Nilai rata-rata siswa pada siklus 2 meningkat sebanyak dengan rata-rata 82. Dari data penelitian yang telah dilakukan pada siklus I dan siklus II menunjukkan sikap yang berbeda-beda pada setiap siklus.Dimana saat dilakukan tindakan pada siklus II siswa berpartisipasi aktif dan antusiasme dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian,maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas X1 SMA Negeri 3 Tana Toraja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...