PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Vol 2 No 4 (2024): NOVEMBER

INTERNALIZATION OF PANCASILA VALUES IN STUDENT CHARACTER EDUCATION IN THE MODERN ERA

Nurlaela (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode dan strategi yang dapat diterapkan dalam menginternalisasi nilai-nilai Pancasila di era modern. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini akan menggali praktik-praktik baik yang telah dilakukan di berbagai institusi pendidikan serta tantangan yang dihadapi dalam proses tersebut. Kesimpulan menemukan bahwa proses internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter peserta didik di era modern memerlukan pendekatan yang holistik dan inovatif. Dengan memanfaatkan metode pembelajaran yang relevan, dukungan dari berbagai pihak, serta peningkatan pemahaman di kalangan pendidik, proses ini dapat berjalan dengan efektif. Diharapkan, melalui upaya bersama ini, generasi muda dapat tumbuh menjadi individu yang tidak hanya cerdas, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pandu

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PANDU merupakan jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang berfokus dalam kajian pendidikan anak dan pendidikan umum. Jurnal PANDU menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel penelitian empiris original di bidang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, ...