Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 4 No 2 (2024): Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Studi Analisis Tematik Ayat Pendidikan Q.S. Al-‘Alaq: 1-5 dengan Analisis Hermeneutika Wilhelm Dilthey

Alim, Khozinul (Unknown)
Hoyriah, Ulfa (Unknown)
Sulyani, Reli (Unknown)
Nafisah, Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Pendidikan dalam Islam tidak hanya mencakup transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga pembentukan karakter dan akhlak. Ayat-ayat Al-Qur'an banyak memberikan petunjuk mengenai prinsip-prinsip pendidikan yang holistik. Dalam memahami ayat-ayat pendidikan tersebut, pendekatan hermeneutika dapat memberikan perspektif yang lebih mendalam, terutama pendekatan yang dikembangkan oleh Wilhelm Dilthey. Pendekatan hermeneutika Dilthey menekankan pemahaman subjektif terhadap teks dan konteks sosial serta historis yang melingkupinya. Dengan pisau analisis Dithley didapatkan kesimpulan antara lain bahwa pendidikan dalam Islam, sebagaimana yang tercermin dalam Q.S. al-Alaq: 1-5, tidak hanya berfokus pada aspek intelektual, tetapi juga pada pembentukan karakter dan akhlak yang mulia, yang harus terus ditanamkan dalam proses pendidikan masa kini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

symfonia

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Symfonia Jurnal Pendidikan Agama Islam merupakan jurnal ilmiah yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Al-Qur`an Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya, Sumatera Selatan. Dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan menyalurkan minat berbagi ...