Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama bagi masyarakat Indonesia yang menjangkau hingga daerah terpencil, sehingga kenyamanan masyarakat pada saat melakukan pengobatan menjadi aspek yang perlu diperhatikan agar dapat mengoptimalkan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia. Kenyamanan yang dirasakan masyarakat ini erat kaitannya dengan bagaimana perilaku karyawan yang bertugas sebagai tenaga kesehatan dalam melayani pasiennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada karyawan bagian pelayanan di Puskesmas “XYZ”. Penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan bantuan software Jamovi dan Microsoft Excel sehingga dapat menggambarkan baik maupun buruknya kualitas pelayanan pada karyawan secara kuantitatif. Selain melihat kualitas pelayanan pada karyawan bagian pelayanan secara keseluruhan, penggambaran kualitas pelayanan pada penelitian ini juga dijabarkan berdasarkan beberapa kategori responden yaitu berdasarkan jenis kelamin, usia, pendidikan, status karyawan, pangkat dan golongan dan masa kerja. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala service quality. Penelitian ini menggunakan Teknik non probability sampling dengan total sampel berjumlah 90 responden. Hasil uji coba alat ukur menggunakan Teknik Alpha Cronbach’s menunjukkan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,920 dan uji validitas menunjukkan bahwa nilai item-rest correlation berkisar antara 0,342 sampai dengan 0,769. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai mean skala service quality adalah 144 dengan nilai terendah 115 dan nilai tertinggi 154 dari 90 responden. Berdasarkan norma kategorisasi skala service quality diketahui bahwa mayoritas karyawan bagian pelayanan di Puskesmas “XYZ”memiliki skor kualitas pelayanan dalam kategori baik.
Copyrights © 2024