Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan Paylater pada konsumen muslim di Surakarta. Kerangka teori yang digunakan adalah Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Populasi terdiri dari individu-individu yang bertempat tinggal di Karisidenan Surakarta. Sampel penelitian berjumlah 179 responden yang dipilih menggunakan teknik quota sampling dan disebar melalui kuesioner dengan metode random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel mempunyai pengaruh positif dan signifikan baik langsung maupun tidak langsung terhadap perilaku penggunaan, kecuali variabel ekspektasi kinerja. Ekspektasi kinerja tidak menunjukkan pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap perilaku penggunaan. Hal ini disebabkan meskipun berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh Shopee Paylater, konsumen yang tidak bijaksana secara finansial bisa saja terjebak dalam pembelian impulsif.
Copyrights © 2024