Penelitian dilaksanakan pada 10 September 2024 sampai dengan 8 Oktober 2024 bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis PBL disertai computer-based tutorial problem solving. Dalam penelitian ini, model Plomp digunakan sebagai model pengembangan. Model Plomp terdiri dari tiga tahap: penelitian awal, pengembangan/pembuatan prototipe, dan penilaian. Pada penelitian ini dibatasi pada tahap kedua uji validitas. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian e-modul oleh 3 ahli validator produk. Indikator penilaian e-modul yaitu substansi materi, tampilan komunikasi visual, struktur e-modul, pemanfaatan software, penilaian e-modul berbasis PBL, dan penilaian pemahaman konsep. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa ditingkatkan dengan e-modul berbasis PBL yang disertai computer-based tutorial problem solving memiliki nilai 0,93 dengan kategori valid. Berdasarkan temuan ini, E-modul dapat dilanjutkan ke fase pengujian berikutnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024