Literasi sains merupakan kompetensi mendasar yang harus diperoleh siswa”untuk memahami dan menerapkan konsep-konsep ilmiah dalam konteks sosial. Salah satu faktornya yaitu sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran sering kali tidak memadai untuk mendukung pengembangan literasi sains. Dengan mengintegrasikan literasi sains dalam konteks pengembangan bahan ajar berbasis socio scientific issues (SSI) diharapkan bisa memfasilitasi peserta didik untuk berliterasi sains. Tujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dalam meningkatkan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis peserta didik.”Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Lingkup penelitian ini dibatasi pada tahap Development untuk memastikan fokus pada proses pengembangan bahan ajar. Penyempurnaan bahan ajar ini melalui tahapan data kualitatif yang diambil berdasarkan hasil validator ahli materi, validator ahli media, dan validator ahli bahasa dengan teknil analisis data menggunakan uji Aiken V. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria yang ditetapkan validitas materi dengan rata-rata 0,90 (sangat tinggi), validitas media dengan rata-rata 0,74 (tinggi) dan validitas bahasa dengan rata-rata 0,76 (tinggi). Secara keseluruhan, bahan ajar berbasis sosio scientific issues ini dinilai layak dan memenuhi kriteria validitas yang diperlukan dalam konteks penggunaannya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025