Jenis penelitian ini adalah Penenlitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara ofline dengan subyek penelitiannya yaitu siswa kelas V yang terdiri dari 12 orang perempuan dan 15 orang laki-laki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar mtematika materi bangun ruang kubus dan balok pada siswa kelas V SD Negeri Bontokamase Kabupaten Gowa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari pretest dan posttest. Fokus penelitian adalah meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang kubus dan balok. Setting penelitian bertempat di SD Negeri Bontokamase Kabupaten Gowa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh P = 0,004 lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan video animasi pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Bontokamase pada materi bangun ruang kubus dan balok.
Copyrights © 2024