Global Journal Basic Education
Vol 3 No 4 (2024): November

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TENTANG LIHAT SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN PARAGRAF SISWA KELAS IV UPTD SD NEGERI 16 PAREPARE

Annisa, Nur (Unknown)
Febriati, Farida (Unknown)
Budiarti, Andi Ima (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2024

Abstract

Studi ini menelaah penerapan model pembelajaran Concept Sentence tentang Aku Suka Berpetualang untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Paragraf Siswa Kelas IV UPTD SD NEGERI 16 PAREPARE. Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang diawali dengan kegiatan pratindakan kemudian setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat persentase hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi akhir pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IV UPTD SD NEGERI 16 PAREPARE yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan II, diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 72,5 untuk siklus I dan 85,7 untuk siklus II. Terdapat 17 siswa telah mencapai SKBM, hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan menyusun paragraf siswa di kelas IV UPTD SD NEGERI 16 PAREPAREmengalami peningkatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...