Global Journal Basic Education
Vol 3 No 4 (2024): November

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD

Ridwan, Hardiyanti (Unknown)
Latang, Latang (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam menunjukan minat belajar, Permasalahan tersebut didasari oleh data awal yang didapatkan dari hasil observasi. Penelitian ini meneliti tentang penerapan model kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe TGT dan meningkatkan motivasi belajar siswa kelas I sekolah dasar. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dilakukan dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD P di kecamatan Pajjaiang Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terbagi dalam 4 kali pertemuan dan masing-masing siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil angket motivasi siklus I kepada 28 siswa diperoleh 21 siswa (75%) sangat termotivasi. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil 25 (89%) sangat termotivasi. Dari hasil postest siklus I dengan nilai KKM 74, yang tuntas sebanyak 57,1 % (16) siswa dan belum tuntas 12 siswa atau 42,9 %. Sedangkan hasil dari postest siklus II ada peningkatan, bahwa siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 24 siswa (85,7%), dan belum tuntas 4 siswa (14,3%). Berdasarkan data siklus I dan siklus II sangat signifikan adanya kepuasan siswa terhadap pembelajaran kooperatiftipe TGT.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...