Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata Pelajaran IPA kelas IV di UPT SDN 145 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdapat satu kali pertemuan dengan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini meliputi penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV UPT SDN 145 Pinrang yang aktif dengan jumlah peserta didik 23 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik utama dalam pengumpulan data dilakukan dengan dilakukan dengan cara tes dan observasi, sementara teknik pendukung dengan menggunakan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses dan hasil belajar peserta didik dimana pada siklus I dengan hasil belajar peserta didik yang tuntas sebesar 70% dan pada siklus II dengan hasil belajar peserta didik tuntas sebesar 89% dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 14% dan telah mencapai target ketuntasan yaitu 85%.
Copyrights © 2024