Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 3 No. 3 (2024): NOVEMBER

Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas 4 UPTD SD Negeri 184 Dare Ajue Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng

Andi Uni Tanrajenna (Unknown)
Usman (Unknown)
Abd Halik (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar tentang bagaimana mendapatkan semua keperluan kita?pada siswa kelas IV UPTD SDN 184 Dare Ajue. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar tentang bagaimana mendapatkan semua keperluan kita? pada siswa kelas IV UPTD SDN 184 Dare Ajue. Pendekatan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Penelitian ini dilaksanakan UPTD SDN 184 Dare Ajue di Kabupaten Soppeng.Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Juni 2024. Sampel yang di gunakan sebanyak 12 orang siswa dengan 4 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan dengan prosedur yaitu pra tindakan, perencanaantindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/pengumpulan data, dan tahap refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, Tes, dan Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajiandata, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Mind Mapping meningkatkan hasil belajar siswa IPS kelas IV UPTD SDN 184 Dare Ajue, dengan hasil pada siklus 1 bahwa 8 siswa SDN 184 Dare Ajue tidak lulus dan hanya 4 siswa yang lulus, setelah penerapan model Mind Mapping pada siklus 2 dinyatakan bahwa semua 12 siswa lulus pada penerapan model Mind Mapping pada siklus 2. Sehingga dapat dinyatakan bahwa penerapan model Min Mapping meningkatkan hasil belajar siswa IPS kelas IV UPTD SDN 184 DareAjue mengalami peningkatan. Metode Mind Mapping sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran IPS, pembelajaran dengan metode Mind Mapping telah memenuhi prinsip pembelajaran yang menyenangkan, integrasi, berbasis nilai, menantang,dan aktif. Dengan demikian, pembelajaran IPS dengan menggunakan metode MindMapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di UPTD SDN 184 DareAjue.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...