Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 3 No. 3 (2024): NOVEMBER

Upaya Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Menulis Pidato Melalui Media Pop-Up Book pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V UPTD SD Negeri 33 Parepare

Rahmi Khaeriyah (Unknown)
Abd. Halik (Unknown)
Ritha Tuken (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2024

Abstract

Masalah yang diidentifikasi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar keterampilan menulis siswa kelas V di UPTD SD Negeri 33 Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan media Pop-Up Book dalam meningkatkan proses belajar keterampilan menulis pidato siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V UPTD SD Negeri 33 Parepare, serta untuk mengetahui dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan menulis siswa di kelas tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di UPTD SD Negeri 33 Parepare dengan subjek penelitian terdiri dari 20 siswa (9 laki-laki dan 11 perempuan) serta 1 guru. Teknik analisis data yang diterapkan adalah analisis kualitatif. Hasil dari siklus I menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kualifikasi cukup (C), aktivitas siswa berada pada kualifikasi kurang (K), dan hasil evaluasi juga berada pada kualifikasi kurang (K). Pada siklus II, aktivitas guru dan siswa masing-masing berada pada kualifikasi cukup (C), dan hasil evaluasi juga berada pada kualifikasi cukup (C). Pada siklus III, aktivitas guru dan siswa mencapai kualifikasi baik (B), serta hasil evaluasi juga menunjukkan kualifikasi baik (B).Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Pop-Up Book meningkatkan keberanian dan kepercayaan diri siswa dalam menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Peningkatan keterampilan menulis siswa setelah menggunakan media Pop-Up Book dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terlihat jelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan media Pop-Up Book dapat meningkatkan keterampilan menulis pidato siswa pada materi Bab VIII "Bergerak Bersama" di kelas V UPTD SD Negeri 33 Parepare.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...