Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 3 No. 3 (2024): NOVEMBER

Penggunaan Multimedia Pembelajaran Berbasis Powtoon dalam Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 80 Parepare

Musfirah (Unknown)
Lukman Ali (Unknown)
Ida, Wahida (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui proses dan peningkatan hasil belajar siswa kelas V melalui penggunaan multimedia Powtoon dalam model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran IPA, khususnya materi ekosistem rantai makanan dan jaring-jaring makanan di UPTD SD Negeri 80 Parepare. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi, melibatkan 16 siswa dan 1 guru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I, hasil pembelajaran dari aspek guru, siswa, dan hasil belajar berada pada kualifikasi cukup (C) dan kurang (K). Setelah perbaikan pada siklus II, semua aspek meningkat menjadi kualifikasi baik (B). Kesimpulannya, penggunaan multimedia Powtoon dalam PjBL terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...