Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 3 No. 3 (2024): NOVEMBER

Penerapan Model Market Place Activity Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Muatan PPKN Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah DDI Kota Parepare

Ritha tuken (Unknown)
Lukman (Unknown)
Nurul Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa tentang nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan model pembelajaran Market Place Activity. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus pada penelitian ini adalah proses dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga kali yang masing-masing terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada siklus I, hasil penelitian proses pembelajaran dari aspek guru dan siswa Kurang (K). Pada siklus II hasil belajar siswa mencapai kategori Cukup (C). Sedangkan pada siklus III, hasil penelitian dalam proses pembelajaran dari aspek guru dan siswa hasil belajar siswa telah mencapai kategori Baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Market Place Activity untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan PPKN di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’Wah Wal Irsyad (DDI) Ujung Lare Kota Parepare.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Education

Description

Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SD  adalah jurnal pendidikan dan pembelajaran yang fokus pada keilmuan pendidikan SD, kurikulum SD, teori pembelajaran SD, dan bidang kelimuan lainnya tentang model, pendekatan, metode dan inovasi pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan . Jurnal ...