Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menganalisis (C4) siswa dalam materi pembelajaran IPA dan menggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik dalam meningkatkan kemampuan analisis (C4) siswa dalam pembelajaran IPA. Analisis adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengamati suatu objek secara secara mendetail melalui proses yang lebih mendalam lagi dan dapat dipelari lebih lanjut lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode cooperative script terhadap kemampuan analisis (C4) siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV A SDN Lemahabang 01 Kab. Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian menggunakan metode penelitian pre-experimental design dengan one group pre-test post-test design. Teknik pengumpuln data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah kelas IV A di SDN Lemahabnag 01 Kab. Brebes yang berjumlah 39 siswa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan guru yaitu 100% memiliki hasil yang sangat baik. Hasil tes kemampuan analisis (C4) siswa pada soal uraian HOTS memperoleh hasil 100% sangat baik. Dan pada uji hipotests di uji Paired Sampel T-test di peroleh nila sig (2-tailed) 0,000 < 0.005. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima karena dengan kriteria pengujian, jika nilai signifikansi atau sig > 0.05 maka artinya Ha diterima dan Ho ditolak, artinya bahwa ada pengaruh metode Cooperative Script terhadap kemampuan analisis (C4) siswa kelas IV A di SD Negeri Lemahabang 01. Kata Kunci: Cooperative Script, Kemampuan Analisis(C4), IPA
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023