Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE)
Vol 5, No 2 (2023): Oktober 2023

Pengaruh Metode Cooperative Script Terhadap Kemampuan Analisis (C4) Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Di SD

Fadlah, Angki (Unknown)
Syamsi, Atikah (Unknown)
Nur Rokhmah, Ummi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menganalisis (C4) siswa dalam materi pembelajaran IPA dan menggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik dalam meningkatkan kemampuan analisis (C4) siswa dalam pembelajaran IPA. Analisis adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengamati suatu objek secara secara mendetail melalui proses yang lebih mendalam lagi dan dapat dipelari lebih lanjut lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode cooperative script terhadap kemampuan analisis (C4) siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV A SDN Lemahabang 01 Kab. Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian menggunakan metode penelitian pre-experimental design dengan one group pre-test post-test design. Teknik pengumpuln data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah kelas IV A di SDN Lemahabnag 01 Kab. Brebes yang berjumlah 39 siswa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan guru yaitu 100% memiliki hasil yang sangat baik. Hasil tes kemampuan analisis (C4) siswa pada soal uraian HOTS memperoleh hasil 100% sangat baik. Dan pada uji hipotests di uji Paired Sampel T-test di peroleh nila sig (2-tailed) 0,000 < 0.005. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima karena dengan kriteria pengujian, jika nilai signifikansi atau sig > 0.05 maka artinya Ha diterima dan Ho ditolak, artinya bahwa ada pengaruh metode Cooperative Script terhadap kemampuan analisis (C4) siswa kelas IV A di SD Negeri Lemahabang 01. Kata Kunci: Cooperative Script, Kemampuan Analisis(C4), IPA

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijee

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) ini dimaksudkan untuk menyebarkan hasil-hasil penelitian dosen, penelitian skripsi mahasiswa S1, maupun kajian ilmiah yang memberi kontribusi pemahaman, pengembangan teori, dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan di tingkat sekolah ...