Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya vocabulary skills bahasa Inggris siswa. Terlebih dalam pembelajarannya selama tiga semester sebelumnya, mata pelajaran bahasa Inggris dilakukan secara daring karena imbas dari pandemi. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media lagu terhadap vocabulary skills bahasa Inggris siswa kelas IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experimental dengan bentuk one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa sampel jenuh sebanyak 21 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket dengan 10 pernyataan dan tes. Adapun soal tes yang digunakan sebanyak 40 soal dengan bentuk 5 soal pilihan ganda, 5 soal listening, 10 soal writing dan 20 soal speaking. Pengujian validitas isi instrumen dengan metode expert judgement dengan menelaah kisi-kisi dengan kesesuaian tujuan penelitian. Analisis data yang digunakan adalah hasil persentase observasi dan angket, uji normalitas, uji homogenitas dan paired sampel t-test. Dari hasil penelitian rekapitulasi observasi bahwa penerapan media lagu sebesar 89% dengan kriteria sangat baik. Hasil rekapitulasi angket siswa bahwa respons siswa terhadap media lagu sebesar 79% dengan predikat baik. Berdasarkan hasil paired sampel t-test nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak, artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan dari media lagu terhadap vocabulary skills bahasa Inggris siswa kelas IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon. Kata Kunci: Media Lagu, Vocabulary Skills dan Pembelajaran Bahasa Inggris
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022