AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru kelas dalam membentukkarakter sopan santun berbahasa Indonesia. Masalah yang sering terjadi di MIHidayatus Shibyan berupa berbicara yang tidak sopan, kasar, mengeraskan suara, sukabertengkar, dan suka mengolok-ngolok dengan teman sebayanya di kelas. Maka dalampenelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif pengambilan datayang diperoleh melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dansempel yang digunakan dalam penelitian adalah 28 siswa kelas 3 MI HidayatusShibyan. Upaya yang dilakukan guru kelas seperti: saling menghargai orang yang yanglebih tua, menegur siswa yang berbicara tidak sopan santun dalam berbahasa Indonesia,memberikan contoh tindakan sopan santun dalam berbahasa Indonesia dan menerapkan5S. Hasil penelitian di atas menggunakan uji-t dapat di simpulkan bahwa hasil darisopan santun berbahasa di MI Hidayatus Shibyan Kecamatan Talun Kabupaten Cirebonbaik dengan persentase 81,48% yang berada pada rentang 75-100% sehingga dapatpenulis deskripsikan bahwa sebagian besar peserta didik kelas 3 MI Hidayatus Shibyanmemiliki sopan santun berbahasa Indonesia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023