Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE)
Vol 5, No 2 (2023): Oktober 2023

PENGARUH METODE ESTAFET WRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV MI WATHONIYAH PUTRI MERTAPADA KULON

Nurjanah, Siti (Unknown)
Nurhayati, Tati (Unknown)
Jaelani, Aceng (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2023

Abstract

Keterampilan menulis dalam kehidupan modern ini sangat penting untuk dikuasai dan dibutuhkan apalagi bagi seorang siswa, karena banyak memberikan manfaat dan kegunaan. Selain untuk dapat mengasah pikiran dan mempertajam penalaran dalam menulis, manfaat yang lainnya, yakni dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan menulis para siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode estafet writng terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV MI Wathoniyah Putri Mertapada Kulon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain studi One-Grup Pretest-Posttest. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Uji analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi sederhana, uji determinasi, uji linearitas, uji koefisien korelasi, dan uji paired sample T-test, dengan bantuan software SPSS for windows. Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan metode pembelajaran estafet writing terlaksana dengan baik karena sesuai dengan aspek penilaian yang telah ditentukan oleh peneliti. Selain itu, hasil angket respon siswa kelas IV menunjukkan respon siswa terhadap metode estafet writing (menulis berantai) adalah cukup baik; (2) Keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV menunjukkan nilai rata-rata sebesar 54 untuk pretest dan 86 untuk posttest, dimana nilai tersebut termasuk ke dalam kriteria C (Cukup) untuk pretest dan kriteria A (Sangat Baik) untuk posttest; dan (3) Pengaruh metode Estafet Writing terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV berdasarkan uji T terdapat pengaruh yang signifikan (0,000 < 0,05), yang artinya H_a di terima. Kata Kunci: Metode Estafet Writing, Keterampilan Menulis Puisi, Siswa Sekolah Dasar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijee

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) ini dimaksudkan untuk menyebarkan hasil-hasil penelitian dosen, penelitian skripsi mahasiswa S1, maupun kajian ilmiah yang memberi kontribusi pemahaman, pengembangan teori, dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan di tingkat sekolah ...