Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE)
Vol 5, No 1 (2023): April 2023

Relevansi Metode Baghdadiyyah terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an di Ponpes Shohibul Barokah Indramayu

Ni'mah, Nurmaya Hayatun (Unknown)
Nurhayati, Tati (Unknown)
Jaelani, Aceng (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Baghdadiyyah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an; 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode Baghdadiyyah; 3) Untuk mendeskripsikan seberapa relevansinya metode Baghdadiyyah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri usia MI/SD di Ponpes Shohibul Barokah Desa Rawadalem Balongan-Indramayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan desain penelitian Deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan obervasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian di lapangan penulis menemukan bahwa: 1) Pelaksanaan metode Baghdadiyyah di MMB 2 putra dan putri sudah sepenuhnya terlaksana dengan baik. Dan tahapan-tahapan pelaksanaan metode Baghdadiyyah-nya sudah tertata dengan rapih; 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an di MMB 2 putra dan putri yang dilaksanakan setiap hari, santri dapat mengidentifikasi huruf Hijaiyyah dengan baik. Untuk pengucapan/pelafalan makhorijul huruf dan panjang-pendeknya bacaan, ada beberapa santri yang tidak bisa mengucapkannya dengan baik. Namun, sebagian santri bisa mengucapkan/melafalkan makhorijul huruf dan panjang pendeknya bacaan dengan baik dan benar; 3) Metode Baghdadiyyah masih sangat tepat diterapkan dan dikembangkan dalam pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri usia MI/SD di MMB 2 putra dan putri, karena cara pengajaran motode ini di mulai dari memperkenalkan dasar (asal) huruf Hijaiyyah sehingga santri tahu dan dengan mudah untuk membaca Al-Qur’an, dan metode ini juga membuat santri lebih fasih untuk membaca Al-Qur’an-nya.Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Baghdadiyyah, Kemampuan Membaca

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijee

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) ini dimaksudkan untuk menyebarkan hasil-hasil penelitian dosen, penelitian skripsi mahasiswa S1, maupun kajian ilmiah yang memberi kontribusi pemahaman, pengembangan teori, dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan di tingkat sekolah ...